Jumat, 17 Desember 2010

Malam 10 Muharram, NU Blubuk Gelar Istighosah


Slawi - Datangnya Tahun Baru Islam 1 Muharram 1432 Hijriah, diisi oleh Pengurus Ranting NU Blubuk Kec. Dukuhwaru Kabupaten Tegal beserta banomnya dengan menggelar istighotsah. Kegiatan yang dipusatkan di masjid Baiturrohman Desa setempat juga dirangkai dengan pemberian santunan kepada anak yatim piatu, Rabu malam (15/12).

Kegiatan diawali dengan Istighosah dan do’a bersama yang dipimpin oleh Rais Nahdlatul Ulama Ranting Blubuk, Kiai Muhamad Abu Jafar, SHI. Dalam iftitahnya Ustadz Abu Jafar mengatakan, kalau Istighosah ini sangat baik untuk dilaksanakan. Apalagi berdoa pada malam 10 Muharram.



Menurutnya, dalam Al Qur’an Allah SWT telah menganjurkan kepada umat manusia untuk berdoa dan minta kepadanya, niscaya akan dikabulkan. “Ud’uni astajib lakum”, mintalah kau kepadaku (Alloh), niscaya Aku kabulkan,” terangnya.

Ketua Tanfidziyah NU, Komarudin SAg dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan dan partisipasi seluruh warga Nahdliyin. Sehingga kegiatan istighotsah dan santunan dapat terlaksana. “Dukungan warga nahdliyin sangat berarti bagi sukses dan terlaksananya kegiatan ini,” katanya.

Terkait dengan santunan, kata Komar, hendaknya jangan dilihat dari besar kecilnya pemberian yang diberikan. Tapi seberapa besar kepedulian dan keihlasan dari para aghnia untuk memberikan sedekah bagi anak-anak yatim. “Mudah–mudahan santunan ini dapat bermanfaat bagi anak–anak,” harapnya.

Sementara Ketua Panitia penyelenggara Nurkhasan mengatakan kegiatan dilaksanakan selain untuk memperingati tahun baru Islam 1432 H, juga untuk menggiatkan syiar islam ala ahlusunah wal jamaah. Sebab tahun baru Islam jarang sekali diperingati sendiri oleh umat Islam.

“Dengan istighotsah, mudah–mudahan menjadi penuntun dalam menapaki tahun baru ini akan lebih baik masa depannya,” ujarnya.

Hasan melaporkan, santunan diberikan kepada 42 anak yatim, yaitu berupa sejumlah uang yang totalnya mencapai 2,5 juta rupiah. “Tahun ini sebagai awal dan mudah–mudahan ke depan akan lebih meningkat lagi,” pungkasnya.

Hadir dalam istghotsah, seluruh PRNU Blubuk dan badan otonomnya, Kepala Desa Blubuk, pengurus Masjid dan Mushola se Desa Blubuk dan Warga Nahdliyin. (was)

Sumber : NU Online, 17 Desember 2010

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar